Rabu, 14 Mei 2014

Skenario Rapat


SKENARIO RAPAT PENURUNAN OMZET
Vania        : Selamat pagi semua. Bagaimana kabar anda pada pagi hari ini? Senang sekali bisa berkumpul pada acara rapat pagi ini dengan keadaan sehat. Baiklah rapat hari ini akan membahas tentang penurunan omzet percetakan yang akan dipimpin oleh Bapak Direktur kita. Silahkan Bapak Teddy Irwansyah, S. E.
Direktur   : Rapat pada kesempatan pagi ini sangat penting bagi kemajuan usaha kita, karena setelah dikonfirmasi pada laporan bulanan ternyata omzet percetakan kita mengalami penurunan dari bulan sebelumnya. Oleh karena itu, saya meminta Saudara sekalian dapat memberikan informasi dan masukan bagaimana cara terbaik meningkatkan kembali omzet usaha kita yang telah menurun. Silahkan memberikan tanggapan atau usulan untuk meningkatkan kembali usaha kita.
Vania        : Terimakasih atas sambutan yang telah Bapak berikan. Selanjutnya Bapak Setiawan apakah ada yang ingin disampaikan?
Setiawan : Omzet pada bulan ini menurun cukup drastis jika dibandingkan dengan bulan lalu. Setelah saya melakukan pengamatan ternyata pada bulan ini untung kita hanya 30% saja. Jika tidak dilakukan perbaikan mutu, kualitas atau pelayanan maka dikhawatirkan akan semakin menurun keuntungan dan jumlah peminatnya. Kita juga bisa rugi atas hal ini. Jika biasanya kita bisa mendapat keuntungan Rp 1000/cetakan, namun sekarang hanya sebesar Rp 450/cetakan saja.
Herlina     : Bulan lalu strategi pemasaran kita menggunakan diskon setiap pembelian 3 produk jasa layanan percetakan kita, setelah pesaing kita mengetahui strategi yang kita lakukan, maka banyak pesaing yang lebih memberikan bonus besar-besaran terhadap pembeli, contohnya seperti but two get one atau beli dua gratis satu, sehingga produk kita sedikit sekali peminatnya. Kita harus lebih lihai dalam mengatasi dan mengantisipasi hal tersebut, jika produk kita ingin tetap digunakan oleh masyarat.
Cyntia      : Jika dibuat perbandingan dengan bulan lalu, bulan lalu kita mendapatkan laba bersih sebesar 70%, sedangkan bulan ini hanya 50%, itupun masih termasuk laba kotornya.
Vania        : Baik, terimakasih Bapak dan Ibu yang telah memberikan informasi atau masukan. Saya akan membuka sesi tanya jawab dan pengajuan pendapat kepada Bapak dan Ibu. Silahkan jika ada yang ingin bertanya.
Agus         : Maaf, saya ingin bertanya kepada Bapak Priambodo, faktor apa sajakah uang menyebabkan omzet percetakan menurun pada bulan ini?
Priambodo: Ada dua faktor yang menyebabkan hal tersebut adalah faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal meliputi kualitas, pelayanan, dan kemudahan membeli. Sedangkan faktor eksternal meliputi kalah dalam persaingan harga dan kalah promo dengan kompetitor.
Heriawan: Maaf Bapak Priambodo, apa saja usaha agar omzet percetakan mengalami kenaikan seperti bulan lalu?
Priambodo: Kami akan menjalankan strategi pemasaran untuk meningkatkan omzet seperti memberikan penawaran yang super heboh, bentuknya bisa berupa diskon bisa juga dengan menjalankan booking order. Intinya kami tidak akan ragu untuk action dengan ide pemasaran yang akan dilakukan.
Evelyn      : Maaf Bapak Direktur, menurut saya, menurunnya omzet penjualan kita dikarenakan semakin banyaknya persaingan usaha yang sejenis, sehingga perlu kiranya kita meninjau kembali mutu usaha kita, agar tetap bisa bersaing dengan yang lain.
Bambang : Saya setuju dengan pendapat ibu Evelyn. Kita harus selalu meningkatkan mutu usaha kita dan harga yang ditawarkan kepada masyarakat juga jangan terlalu tinggi, sehingga kurang terjangkau oleh masyarakat.
Ridwan    : Jika saya, mengusulkan dibentuk tim yang melakukan riset pasar untuk mendapatkan data yang akurat tentang mutu dan harga produk kita yang dibandingkan dengan produk sejenis. Kita juga bisa mengetahui layanan seperti apa yang diharapkan oleh masyarakat, sehingga kita lebih bisa memenuhi keinginan masyarakat.
Agus         : Saya setuju dengan pendapat bapak Ridwan dengan adanya tim tersebut kita dapat lebih mudah melakukan pengawasan. Kita juga mudah mengikuti perkembangan tentang bagaimana keinginan masyarakat.
Direktur   : Saudara sekalian, terimakasih atas usulan, masukan, saran serta informasi yang telah Saudara berikan. Demikian rapat pada hari ini, mohon kerja sama dari kta semua untuk terus meningkatkan omzet penjualan usaha kita dan selamat bertugas kembali. Silahkan MC.
Vania        : Baiklah, kesimpulan yang dapat diambil dari rapat hari ini adalah sebagai berikut:
·        Untuk meningkatkan omzet penjualan, kita perlu melakukan riset pasar.
·        Meningkatkan dan memperhatikan mutu produk.
·        Pemasaran dengan cara booking order.
Semoga rapat pada pagi hari ini bisa bermanfaat untuk kemajuan usaha kita nantinya. Selamat pagi.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar